Jumat, 08 Januari 2010

Peta Konsep Pada Mata Pelajaran Geografi

ABSTRAK
Sari, Kurnia, Pipit. 2009. Pengaruh Penggunaan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar
Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI Pada Standar Kompetensi Memahami Sumber
Daya Alam (SDA). Skripsi, Jurusan Geografi, FMIPA Universitas Negeri Malang. Pem
bimbing: (I) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd. (II) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd
Kata kunci: Peta Konsep, hasil belajar.
Proses belajar menghafal sering kita temukan pada siswa. Siswa hanya mengenal katakata
tetapi tidak memahami maksudnya sehingga siswa banyak yang mengalami proses
lupa pada materi pelajaran yang telah diajarkan dan siswa kurang bisa mengaplikasikan
kembali belajarnya. Untuk itu guru harus bisa memvariasikan strategi pembelajaran. Pe
milihan strategi pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadapa
hasil belajar siswa. Pembelajaran geografi membutuhkan strategi untuk mengatasi masal
ah tersebut salah satunya adalah dengan menggunakan peta konsep. Dengan mengguna
kan peta konsep dalam pelajaran geografi siswa akan lebih mudah memahami konsep ge
ografi, ingatan siswa bisa lebih kuat dan siswa bisa mengaplikasikan lagi belajarnya. Pe
mbelajaran ini menekankan pada berbagai ciri pembelajaran secara langsung yaitu siswa
bekerja dalam kelompok kecil untuk berlatih membuat peta konsep.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang bel
ajar dengan menggunakan peta konsep dengan siswa yang belajar dengan menggunakan
uraian materi di SMA Negeri 3 Bojonegoro. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Ek
sperimen Semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaii
tu kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian
berupa tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t denga
n signifikansi 0,05 yang dapat diselesaikan dengan bantuan program Statistical Progra
m for Social Sciences (SPSS) 15.00 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rat
a.rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis data diketahui bahwa hasil
belajar siswa pada kelas eksperimen memiliki rata.rata sebesar 18,53 sedangkan pada ke
las kontrol memiliki rata.rata 9,56 dengan nilai probabilitas (p) 0,000, sehingga ada pen
garuh penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar Geografi siswa pada standar komp
etensi memahami sumber daya alam (SDA).
Disarankan bagi guru Geografi hendaknya menggunakan peta konsep sebagai alternatif
dalam pengajaran geografi karena dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa. Bag
i peneliti selanjutnya maka perlu adanya penelitian sejenis dengan pokok bahasan yang
berbeda.

Tidak ada komentar: