ABSTRAK
XXXXXX, 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Model Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA.
Kata-kata kunci : Pembelajaran kooperatif model GI, aktivitas, hasil belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pada umumnya guru geografi terpaku pada metode ceramah. Penggunaan metode pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Terbukti dari hasil observasi yang dilakukan dengan metode ceramah hasil belajar siswa menjadi rendah, ketuntasan belajar rendah dan aktivitas siswa kebanyakan pasif. Sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, perlu adanya penerapan metode lain yang dapat dijadikan alternatif pengganti dari metode ceramah. Dalam penelitian ini mencoba keefektifan dari pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok Antroposfer. Pelaksanaan pembelajaran dalam model GI ini tidak hanya guru yang berperan aktif di dalam kelas, melainkan terjadi interaksi antara guru dengan siswa, dan siswa dengan siswa secara aktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif model GI dalam pembelajaran geografi. Untuk menjawab tujuan ini maka dirumuskan masalah bagaimana aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran geografi dengan model GI dan bagaimana hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran geografi dengan model GI.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2007/2008, pada bulan Oktober-November 2007. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA dengan jumlah siswa 17. Rancangan enelitian ini disusun dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data secara deskriptif.
Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model GI mampu meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas dan keterampilan kooperatif siswa selama proses belajar mengajar berlangsung sebesar 87%, meningkat pada siklus 2 menjadi 92%., dan hasil belajar pada siklus I mempunyai rata-rata kelas sebesar 72,88 meningkat pada siklus II menjadi 81,82.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan model GI dalam pembelajaran geografi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, khususnya di SMA. Temuan lain yang didapatkan dalam pembelajaran model GI ini adalah siswa lebih antusias dalam belajar yang bisa dilihat dari aktivitas yang tinggi saat pembelajaran berlangsung, sehingga motivasi siswa untuk belajar juga tinggi khususnya pada pokok bahasan antroposfer.
Dari hasil penelitian ini disarankan bahwa guru geografi hendaknya menerapkan model GI dalam pembelajaran geografi sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas dengan menyesuaikan dengan pokok bahasan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar