PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SEMESTER 1
POKOK BAHASAN SEJARAH PEMBENTUKAN BUMI TAHUN 2007
Oleh: EDI GUMUNTUR
ABSTRAK: Komputer dapat mempercepat penyimpanan dan mengakses informasi sehingga kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan cepat, dan menyenangkan terutama pada Mata Pelajaran Geografi, Pokok Bahasan Sejarah Pembentukan Bumi SMA Kelas X Semester 1. Dewasa ini pelaksanaan pembelajaran geografi masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional (klasikal). Pada kenyataannya pembelajaran geografi lebih menarik jika media pembelajaran berbasis komputer teknologi informasi). Dalam hal ini guru menggunakan media audio-visual pada proses belajar mengajar di dalam kelas. Permasalahannya adalah bagaimana peran media animasi sebagai sarana pembelajaran geografi dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komputer sebagai media pembelajaran yang efektif dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan (Developmental research). Analisis data yang digunakan dalam kegiatan ini dilakukan melalui analisis data kualitatif berdasarkan persentase kriteria penilaian dan analisis kuantitatif nilai siswa. Hasil penelitian ini berupa produk CD pembelajaran media animasi untuk materi geografi SMA kelas X pokok bahasan sejarah pembentukan bumi dan post test melalui penggunaan media animasi. Setelah melakukan penelitian diketahui bahwa metode pembelajaran melalui media animasi dapat memberikan kontribusi positif pada post test yang dilakukan. Terlihat adanya peningkatan hasil post test siswa yang tuntas belajar. Pada tahun ajaran 2006/2007 tuntas belajar siswa hanya 30% pada mata pelajaran geografi kelas X semester 1 Pokok Bahasan Sejarah Pembentukan Bumi tanpa menggunakan media animasi. Kemudian pada tahun ajaran 2007/2008 pada mata pelajaran geografi pokok bahasan yang sama terlihat ketuntasan belajar siswa sebesar 67% pa.da.post test pertama, meningkat menjadi 71% pada post test kedua, dan kembali meningkat menjadi 80% pada post test ketiga. Keefektifan media juga dapat diukur dengan evaluasi (Post test) pada kelas yang menggunakan media animasi. Post test pertama menunjukkan media animasi cukup efektif (64,2), Post test kedua menunjukkan media cukup efektif (69,9) dan pada post test ketiga media sangat efektif (73,5). Berdasarkan data yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa: media animasi merupakan media yang valid/balk untuk pembelajaran geografi terlihat pada angket tanggapan siswa sebesar 80%. Media animasi mampu membantu pelaksanaan pembelajaran geografi pokok bahasan sejarah pembentukan bumi kelas X semester 1 melalui pembelajaran berbasis audio-visual. Kata Kunci: pembelajaran, media animasi, pemahaman, hasil belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar