ABSTRAK
Kusniati, Eni. 2007. Penerapan Variasi Metode Pembelajaran Geografi Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VIII di MTs Al Asyhar
Sungonlegowo Bungah Gresik. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FMIPA
Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Yusuf Suharto, (II) Drs. Timotius
Suwarna, M. Pd
Kata Kunci: Variasi, Metode Pembelajaran, Hasil Belajar
Dalam usaha peningkatan hasil belajar siswa maka diperlukan suatu bentuk
pembelajaran yang efektif dan efisien, yaitu dengan memilih metode pembelajaran yang
sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa, variatif, dapat menciptakan suasana
pembelajaran menjadi menyenangkan, dapat mendorong atau merangsang siswa untuk
aktif dalam mengikuti pelajaran, meningkatkan daya serap siswa ter-hadap materi
pelajaran dan siswa tidak mudah bosan, sehingga diperlukan usaha yang maksimal oleh
karena itu dalam pembelajaran diperlukan metode pembelajaran yang bervariasi.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di sekolah menunjukkan bahwa dalam
pembelajaran siswa kurang aktif dan sering merasa bosan karena metode yang
divariasikan adalah ceramah, tanya jawab, dan tugas rumah serta guru jarang
menggunakan media karena keterbatasan media yang dimiliki sehingga hasil belajar yang
di peroleh kurang maksimal. Dengan penerapan variasi metode pem-belajaran diharapkan
siswa dapat merasa senang, tertarik dan aktif dalam belajar sehingga dapat meningkatkan
hasil belajar geografi.
Tujuan dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar geografi melalui
penerapan variasi metode pembelajaran.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di MTs
AlAsyhar Sungonlegowo Bungah Gresik, pada semester I Tahun ajaran 2006/2007 mulai
bulan Oktober sampai Januari 2006. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, siklus I variasi
metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan
kerja kelompok. Sedangkan pada siklus II variasi metode pembelajaran yang digunakan
adalah ceramah, tanya jawab, tugas, diskusi, dan pratikum. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VIII B dengan jumlah siswa dalam kelas 25 orang. Analisis yang digunakan
adalah analisis deskriptif. Analisis data kuantitatif hasil belajar akan ditentukan dengan
menggunakan rumus nilai rata-rata.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I pembelajaran dengan
menggunakan variasi metode pembelajaran, suasana pembelajaran berbeda dengan
sebelum dilakukan penelitian yang awalnya siswa kurang aktif menjadi lebih aktif dan
aktivitas siswa bertambah tidak hanya tanya jawab saja melainkan juga kerja kelompok
dan diskusi kelompok. Dan aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria cukup pada
siklus I menjadi sangat baik pada siklus II, siswa terlihat begitu antusias pada saat
dilakukan demonstrasi dan pratikum karena siswa melihat dan terlibat secara langsung.
Dan dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa dari kriteria baik pada siklus I
menjadi sangat baik pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulan bahwa penerapan variasi metode
pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VIII B MTsAl
Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik. Dan temuan-temuan yang didapat adalah sebagai
berikut: (1) aktivitas siswa dengan penerapan variasi metode pem-belajaran yang
berpusat pada aktivitas siswa mengalami peningkatan; (2) variasi metode pembelajaran
dan menggunakan media pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar bertambah
menarik dan tidak mudah bosan, serta dapat meningkatkan semangat belajar siswa.
Kusniati, Eni. 2007. Penerapan Variasi Metode Pembelajaran Geografi Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas VIII di MTs Al Asyhar
Sungonlegowo Bungah Gresik. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FMIPA
Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Yusuf Suharto, (II) Drs. Timotius
Suwarna, M. Pd
Kata Kunci: Variasi, Metode Pembelajaran, Hasil Belajar
Dalam usaha peningkatan hasil belajar siswa maka diperlukan suatu bentuk
pembelajaran yang efektif dan efisien, yaitu dengan memilih metode pembelajaran yang
sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa, variatif, dapat menciptakan suasana
pembelajaran menjadi menyenangkan, dapat mendorong atau merangsang siswa untuk
aktif dalam mengikuti pelajaran, meningkatkan daya serap siswa ter-hadap materi
pelajaran dan siswa tidak mudah bosan, sehingga diperlukan usaha yang maksimal oleh
karena itu dalam pembelajaran diperlukan metode pembelajaran yang bervariasi.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di sekolah menunjukkan bahwa dalam
pembelajaran siswa kurang aktif dan sering merasa bosan karena metode yang
divariasikan adalah ceramah, tanya jawab, dan tugas rumah serta guru jarang
menggunakan media karena keterbatasan media yang dimiliki sehingga hasil belajar yang
di peroleh kurang maksimal. Dengan penerapan variasi metode pem-belajaran diharapkan
siswa dapat merasa senang, tertarik dan aktif dalam belajar sehingga dapat meningkatkan
hasil belajar geografi.
Tujuan dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar geografi melalui
penerapan variasi metode pembelajaran.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di MTs
AlAsyhar Sungonlegowo Bungah Gresik, pada semester I Tahun ajaran 2006/2007 mulai
bulan Oktober sampai Januari 2006. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, siklus I variasi
metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan
kerja kelompok. Sedangkan pada siklus II variasi metode pembelajaran yang digunakan
adalah ceramah, tanya jawab, tugas, diskusi, dan pratikum. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VIII B dengan jumlah siswa dalam kelas 25 orang. Analisis yang digunakan
adalah analisis deskriptif. Analisis data kuantitatif hasil belajar akan ditentukan dengan
menggunakan rumus nilai rata-rata.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I pembelajaran dengan
menggunakan variasi metode pembelajaran, suasana pembelajaran berbeda dengan
sebelum dilakukan penelitian yang awalnya siswa kurang aktif menjadi lebih aktif dan
aktivitas siswa bertambah tidak hanya tanya jawab saja melainkan juga kerja kelompok
dan diskusi kelompok. Dan aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria cukup pada
siklus I menjadi sangat baik pada siklus II, siswa terlihat begitu antusias pada saat
dilakukan demonstrasi dan pratikum karena siswa melihat dan terlibat secara langsung.
Dan dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa dari kriteria baik pada siklus I
menjadi sangat baik pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulan bahwa penerapan variasi metode
pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas VIII B MTsAl
Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik. Dan temuan-temuan yang didapat adalah sebagai
berikut: (1) aktivitas siswa dengan penerapan variasi metode pem-belajaran yang
berpusat pada aktivitas siswa mengalami peningkatan; (2) variasi metode pembelajaran
dan menggunakan media pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar bertambah
menarik dan tidak mudah bosan, serta dapat meningkatkan semangat belajar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar