Senin, 18 Januari 2010

Penerapan Metode Diskusi Syndicate Group untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 2 Semester II SMA Laboratorium UM

ABSTRAK
Rahman, Beny. 2008. Penerapan Metode Diskusi Syndicate Group untuk
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS
2 Semester II SMA Laboratorium UM Tahun Pelajaran 2007/2008.
Skripsi, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas
MIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Timotius
Suwarna, M.Pd., (II) Drs. Yusuf Suharto.
Kata kunci: metode diskusi, syndicate group, motivasi, hasil belajar
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di kelas XI IPS 2 SMA
Laboratorium UM diperoleh data bahwa motivasi belajar siswa terhadap mata
pelajaran Geografi rendah sehingga hasil belajar Geografi pun mengalami
penurunan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan metode
pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar
Geografi siswa, maka dipilih metode diskusi Syndicate Group untuk mengatasi
permasalahan pembelajaran tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah penerapan
metode diskusi Syndicate Group dalam pembelajaran Geografi dapat
meningkatkan motivasi belajar, serta; (2) apakah penerapan metode diskusi
Syndicate Group dalam pembelajaran Geografi dapat meningkatkan hasil belajar
Geografi, siswa kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM. Penelitan ini bertujuan
untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar Geografi siswa kelas XI IPS 2; (2)
meningkatkan hasil belajar Geografi, siswa kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium
UM. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus
melalui 4 tahap, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi,
refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium
UM yang berjumlah 46 siswa, yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 25 siswa
perempuan yang sedang mengikuti proses pembelajaran Geografi. Teknik
pengumpulan data menggunakan pre test, lembar observasi motivasi belajar, post
tes I dan II, lembar penialain kognitif dan afektif serta pedoman wawancara. Data
yang diperoleh dianalisis secara deskripsi kualitatif dan kuantitatif.
Dari hasil analisis data diperoleh skor rata-rata motivasi belajar siswa
siklus I sebesar 6,96 meningkat menjadi 9,40 pada siklus II. Kenaikan skor ratarata
motivasi belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 2,44. Sedangkan skor ratarata
hasil belajar siswa siklus I sebesar 79,26 meningkat menjadi 83,66. Kenaikan
skor rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 4,4. Dari hasil
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi Syndicate
Group dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS
2 SMA Laboratoriun UM.
Saran dari penelitian ini adalah bagi guru mata pelajaran Geografi SMA
Laboratorium UM disarankan untuk menerapkan metode pembelajaran diskusi
Syndicate Group dalam proses pembelajaran, terutama pada kompetensi dasar
kualitas lingkungan hidup agar dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar
Geografi siswa.

Tidak ada komentar: