Senin, 05 April 2010

Ilmu Bumi(Geologi)-Tammat

Ilmu Bumi(Geologi)-Tammat
Kemajuan teknologi peralatan canggih yang diperlukan untuk memperoleh umur batuan,terutama sangat berkembang sejak tahun 1940 an.

Apa yang dikatakan hadist mengenai semua ini ? beberapa ayat dari berbagai bagian Al Qur’an dan Hadist mempunyai implikasi yang menarik.Allah berfirman : ” katakanlah wahai Muhammad berjalanlah diatas bumi dan lihatlah bagaimana Allah memulai penciptaannya.

Pernyataan ini memerintahkan kita untuk melakukan hal-hal berikut :

1 ) Mengadakan perjalanan dimuka bumi.

2 )Melakukan observasi ( lihat-lihat ),selama perjalanan itu.

3 ) Menuliskan pengamatan ini,menganalisis dan memahaminya,serta melihat bagaimana mulai penciptaan.

Informasi dari Al Qur’an menunjukkan rincian baik mengenai struktur bumi maupun mengenai gerakan lempeng kontinen.Dalam satu ayat,Al Qur’an menyatakan ” Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap ” ( Q.S 2: 22 )

Hal-hal berikut yang ditunjukkan oleh ayat ini :

1 )lapisan atas bumi,atau kerak bumi,sama dengan suatu hamparan pelindug.

2 ). Lapisan atas bumi adalah relative tipis terhadap bagian dalam,dan sekarang diketahui bahwa ketebalan relative sama dengan kulit apel dibandingkan dengan keseluruhan apel.

3 ). Sama seperti hamparan yang melindungi kekerasan dan bahaya dibawahnya,demikian pula kerak bumi yang melindungi kehidupan dari panas didalam bumi.

Ayat lain dalam Al Qur’an menyatakan :

” dan dia menancapkan gunung-gunung dibumi,supaya bumi ini tidak goncang bersama kamu,Dan dia menciptakan sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk ” ( Q.S 16 : 15 )

Ayat-ayat ini menunjukkan hal-hal berikut :

1 ) Benua dibumi terhampar dan diciptakan dizaman purba,sama seperti dihamparkan,atau ditarik.

2 ).Terdapat gerakan terus-menerus benua-benua.

3 ) Pembentukan gunung dikaitkan dengan gerakan ini.

4 ) Gunung distabilkan dengan turun kelapisan astenosfer.

5 ) Bahan plastis ( lentur ) terdapat dibawah kerak bumi,karena ia menjadi tidak stabil,tanpa efek menurun ( sinking effect ) .

jadi ayat-ayat ini memberikan indikasi yang jelas mengenai struktur bumi dan gerakan lempeng tektonik.Kerak bumi dan karakteristik strukturalnya tidak dipelajari secara rinci sampai abad ke 19 .Ahli-ahli geologi tidak mempunyai teori yang komfrehensip untuk menjelaskan proses ini,mengaitkannya dengan gerakan kontinen sampai paro terakhir abad kedua puluh.

Sekarang kita terangsang untuk merenungkan sebuah hadist dalam shahih Muslim yang menyatakan ,sebagai salah satu datangnya Hari perhitungan sebagai berikut : ” Hari perhitungan tidak akan datang sebelum daerah Arab kembali menjadi subur,hijau dengan sungai-sungai “.

Hadist ini mengacu pada iklim masa lalu,dan masa yang akan datang,dari bukti geologis bahwa daerah ini pernah hijau dan akan menjadi hijau lagi dalam waktu kurang dari satu abad.

Mengenai hal ini,Mesir sudah jelas dulunya adalah tanah pertanian,terbukti dengan adanya kisah nabi Yusuf yang menjadi Mentri keuangan didalam mengatur pertanian,kala orang-orang palestina datang meminta bahan-bahan primer untuk dimakan,begtupun selama bertahun- tahun masa panen,dan masa paceklik

Dan dihubungkan dengan masa-masa saat ini,mesir bukanlah tanah padang pasir yang tandus lagi,tapi sudah banyak kehijauan disebagian daerah,begitupun sungai-sungai Nil,yang di buat bendungan-bendungan baru,serta aliran-aliran baru di daerah perpasiran,sehingga jadilah padang pasir tersebut menjadi tanah pertanian.Wallaua’lam masa yad.

Tak kalah juga,kalau tidak salah,dua tahun yang lampau di jajirah Arab,sudah ada gundukan es,salju.Ini pertanda,suatu saat kelak,Hadist Rasulullah benar-benar terbukti,bahwa jazirah Arab akan kembali menjadi subur kembali.

Lantas kenapa dulunya tanah Arab,subur,menjadi kering begitu..?.Ini pembahasan di bidang lain,yang menyangkut zaman Es.Disana disebutkan bagaimana rotasi tersebut.

Tidak ada komentar: