Kamis, 14 Januari 2010

Konsep Geografi

Konsep Esensial Geografi terdiri dari :
a. Konsep Lokasi
Konsep lokasi dalam geografi dapat menganalisis aspek positif dan negative suatu tempat di permukaan bumi.
Lokasi dalam geografi terbagi menjadi dua jenis, yaitu :
1. Lokasi Absolut yaitu lokasi suatu wilayah yang didasarkan pada garis lintang dan bujur.
2. Lokasi Relatif yaitu lokasi suatu wilayah di permukaan bumi.
b. Konsep Jarak
Jarak merupakan pembatas yang bersifat alami. Jarak berkaitan dengan lokasi dan upaya pemenuhan kebutuhan pokok kehidupan.
c. Konsep Keterjangkauan
Ketergantungan berkaitan dengan kondisi permukaan bumi. Ketergantungan pada umumnya berubah sejalan dengan perkembangan ekonomi dan iptek. Misalnya suatu daerah dalam keadaan terisolasi.
d. Konsep Pola
Pola berkaitan dengan ketergantungan bentuk fenomena geografi di permukaan bumi. Geografi mempelajari pola-pola bentuk dan persebaran fenomena geografi.
e. Konsep Morfologi
Konsep morfologi dimanfaatkan untuk menggambarkan relief bumi.
f. Konsep Aglomerasi
Aglomerasi merupakan kecendrungan persebaran yang bersifat mengelompok pada suatu wilayah yang relative sempit dan paling tidak menguntungkan.
g. Konsep Nilai Kegunaan
Nilai Kegunaan fenomena geografi atau sumber daya di permukaan bumibersifat relatif antara wilayah yang satu dengan yang lain.
h. Konsep Interaksi
Interaksi merupakan hubungan timbal balik antara dua wilayah atau lebih yang dapat menimbulkan gejala, kemampuan dan permasalahan baru. Dalam interaksi antara gejala yang satu dengan yang lain saling ketergantungan.
i. Konsep Diferensiasi Areal
Untuk mempelajari perbedaan gejala geografi antara wilayah yang satu dengan yang lain di permukaan bumi digunakan konsep diferensiasi areal.
j. Konsep Keterkaitan Ruangan
Keterkaitan keruangan menunjukkan derajat keterkaitan pelebaran antara fenomena yang satu dengan yang lain, baik yang menyangkut fenomena fisik maupun nonfisik.

Tidak ada komentar: