Kamis, 14 Januari 2010

Media Pembelajaran Geografi

Materi media pembelajaran merupakan materi minimal yang dipersiapkan untuk para pengajar dalam menyampaikan pembelajaran kepada para peserta didik. Pada saat ini telah berkembang pesat multi media, namun belum semua guru dapat memanfaatkannya. Untuk dapat memanfaatkan multi media, terlebih dahulu perlu menguasai media sederhana, yang merupakan dasar-dasar pengembangan media pembelajaran.. Dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), setelah penyusunan pengalaman belajar dan materi pembelajaran, diperlukan pemilihan media yang sesuai. Oleh karena itu, tidak mungkin seorang pengajar hanya mengenal beberapa jenis media saja, melainkan harus mengenal berbagai variasi media yang dapat dipilih.
Media pembelajaran banyak jenisnya dan tidak ada satu mediapun yang paling baik dibandingkan dengan media yang lain. Setiap media memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Oleh karena itu, guru perlu mengenal berbagai jenis media dengan karakteristik masing-masing. Dengan demikan, guru dapat memilih dan menggunakannya sesuai dengan kompetensi dasar, pengalaman belajar, serta materi yang telah disusun.

Macam-macam media pembelajaran :
1. Animasi Flash
Jenis : Merupakan media presentasi berbasis audiovisual
Kegunaan: Untuk menjelaskan tentang proses yang terjadi dalam fenomena permukaan bumi yang terjadi dalam kurun waktu yang lama dan dalam skala yang luas.
Contoh: animasi terbentuknya pegunungan Himalaya (Dapat digunakan untuk pengajaran mata pelajaran geologi).
Cara menggunakan: Media visual merupakan media yang hanya dapat dilihat, sedangkan media audio adalah media yang hanya dapat didengar. Untuk itu, media animasi flash ini adalah berupa media yang dapat dilihat maupun didengar (media audiovisual). Melalui media ini siswa tidak hanya dapat melihat atau mengamati sesuatu (materi), melainkan sekaligus dapat mendengar sesuatu yang divisualisasikan. Cara memperagakan media ini adalah dengan menggunakan perangkat lunak berupa Software dan Hardware dilengkapi dengan LCD. Dengan menggunakan alat inilah materi dapat diberikan ke siswa dengan mudah dan lebih menarik sehingga dapat menambah semangat belajar siswa di kelas, ini dikarenakan materi yang ditampilkan berupa gambar bergerak dan dilengkapi dengan warna sesungguhnya. Guru hanya tinggal mengoperasikan lewat Laptop/ komputer.

2. Video/Film Dokumenter
Jenis: Merupakan media presentasi berbasis audiovisual
Kegunaan: Menambah wawasan siswa dalam memahami contoh nyata dari fenomena permukaan bumi, sehingga materi yang diterima siswa bukan hanya sekedar teori tetapi pemahaman dan pengalaman audio visual.
Contoh: Pemutaran Film dokumenter tentang erupsi eksplosif gunung St. Helen di Amerika Tenggara.
Cara Menggunakan: Video/Film dapat diputar di VCD atau DVD. Dan dapat diproyeksikan melalui LCD monitor yang terhubung pada perangkat komputer seperti PC atau Laptop.



3. Presentasi melalui software Microsoft Powerpoint
Jenis: Merupakan media presentasi berbasis visual / audio-visual
Kegunaan : Fasilitas yang penting dari program aplikasi ini adalah fasilitas untuk menampilkan teks, gambar maupun video (hyperlink).
Contoh: Presentasi tentang Teori pergeseran benua (sejarah perkembangan bumi) menggunakan microsoft powerpoint.
Cara menggunakan: Komputer yang telah dilengkapi software Microsoft Office dapat membuat slide presentasi dengan mengisi slide Microsoft Powerpoint dengan teks, gambar yang terkait dengan materi yang akan disampaikan disertai video. Dimana teks yang disampaikan harus singkat dan padat. Dan disertai tambahan animasi transisi slide agar tidak membosankan. Kemudian komputer dihubungkan ke LCD Monitor untuk diproyeksikan.

4. Transparansi OHP
Jenis: Merupakan media presentasi visual
Kegunaan: OHP adalah salah satu jenis alat (pesawat) projektor yang digunakan untuk memproyeksikan (memantulkan) objek yang tembus cahaya (transparan) ke permukaan layar.
Contoh: Tranparansi OHP untuk penyampaian konsep dasar geografi dalam pelajaran pengantar geografi dilengkapi dengan gambar sederhana dan bagan/skema.
Cara menggunakan: Alat ini dipakai oleh guru sebagai pengganti papan tulis, yaitu dengan menuliskan materi pada kertas transparan diatas alat OHP (Over Head Proyektor), kemudian diproyeksikan pada layar di dinding di muka kelas. Tinggi layar tidak kurang dari satu meter dari lantai dengan posisi agak condong ke depan sekitar 200.
5. Software Google Earth
Jenis: Merupakan media presentasi visual
Kegunaan: Untuk menampilkan citra satelit diberbagai wilayah permukaan bumi.
Contoh: Menampilkan pola keruangan desa-kota di suatu wilayah.
Cara menggunakan: Komputer yang dilengkapi dengan software Google Earth harus terkoneksi dengan internet untuk memperoleh data citra terkini. Kemudian komputer dihubungkan dengan LCD Monitor untuk diprooyeksikan di depan kelas.

6. Website/ Web Blog
Jenis : Merupakan media e-learning melalui layanan internet
Kegunaan: Untuk menyampaikan informasi atau materi dalam bentuk soft copy dalam waktu singkat dengan biaya yang murah.
Contoh: memperoleh informasi tentang materi yang berhubungan dengan Geografi dengan mengakses situs http://www.geografionline.com/ dsb.
Cara Menggunakan: Melalui perangkat komputer yang terhubung dengan internet. Informasi mengenai materi yang diinginkan dapat diakses pada situs yang terkait. Kemudian mendaftarkan diri menjadi member (anggota).

7. Peta/Globe
Jenis: Merupakan media presentasi visual
Kegunaan: Untuk menampilkan gambar permukaan bumi dalam skala kecil dan dengan proyeksi tertentu.
Contoh: Peta Administrasi Jawa Timur digunakan untuk menampilkan pembagian wilayah administrasi di Jawa Timur.
Cara menggunakan: Peta dalam ukuran besar dipajang di dinding kelas untuk ditampilkan dan menyampaikan informasi visual mengenai suatu lokasi yang dipetakan.

8. Foto Udara
Jenis: Merupakan media prensentasi visual
Kegunaan: Untuk menampilkan gambar untuk penyampaian suatu materi pelajaran.
Contoh: Gambar foto udara Kecamatan Wonokromo
Cara menggunakan: Citra hasil pemotretan udara dicetak pada kertas foto, kemudian foto tersebut diperagakan di depan kelas oleh guru, apa saja yang harus diinterpretasi dan bagaimana caranya, agar foto tersebut dapat memberikan informasi keruangan.

9. Maket 3D
Jenis: Merupakan media presentasi visual
Kegunaan: Untuk menampilkan replika/miniatur dari suatu objek dari suatu fenomena permukaan bumi. Sehingga diperoleh gambaran objek dalam 3 dimensi.
Contoh:
- Maket 3D dari bentang lahan karst disertai gua karst dan sungai bawah tanah, dapat digunakan untuk menjelaskan proses-proses serta bentukan-bentukan yang terjadi di daerah karst.
- Maket 3D dari batuan jamur yang terdapat di daerah gurun, dapat digunakan untuk menjelaskan proses terbentuknya batuan jamur akibat erosi angin.
Cara menggunakan: Maket 3D tersebut diperagakan di depan kelas, dan dijelaskan bagian-bagiannya.

10. Kompas
Jenis: Merupakan media peraga berupa alat
Kegunaan: Menentukan arah atau posisi suatu objek di permukaan bumi terhadap arah UTSB (Utara Timur Selatan Barat)
Contoh: Membuat denah sekolah yang disertai posisi Azimut tiap sudut sekolah terhadap arah utara dengan menggunakan kompas.
Cara menggunakan: Mengukur besar azimut titik pertama dari pojok sekolah terhadap arah utara, kemudian besar azimut titik yang lain. Kemudian titik-titik tersebut dihubungkan.

Tidak ada komentar: