Kamis, 14 Januari 2010

perkembangan dan definisi geografi

Perkembangan dan Pengertian Geografi Develovment and Definition of Geography

Perkembangan Geografi Develovment of Geography


Geografi pertama kali dikemukakan oleh Erathotenes dalam tulisannya berjudul Geografika.

Geography was first proposed by Erathotenes in his writing titled Geografika.


Dalam tahap selanjutnya, pengetahuan Geografi dikembangkan oleh Copernicus. Ia berpendapat bahwa bumi bukan merupakan pusat peredaran benda- benda langit, mataharilah yang menjadi pusat peredaran benda- benda langit. Teori tersebut dinamakan Heliosentris.

In the next stage, geographical knowledge was developed by copernicus. He argued that earth was not the center of revolution of celestial bodies, but the sun. The theory was called Heliocentric Theory.


Pada abad pertengahan Bernadus Veranus membagi geografi menjadi 2 yaitu
Geografi generalis ( litosefer, hidrosfer, atmosfer, dan bentuk muka bumi)
Geografi spesialis (penduduk dan sosial)

In the middle age, Bernadus Veranus divided Geography into two parts as below:
Generalist Geography( Lithosphere, hydrosphere, atmosphere, and shape of earth’s surface.
Specialist Geography ( Demographic and Social)


Pada awal abad ke dua sebelum masehi, muncul tokoh geografi yang bernama Claudius Ptolemaeus, beliau mengartikan Geografi adalah suatu penyajian dari sebagian atau seluruhnya permukaan bumi melalui peta. Sumbangan yang paling berharga darinya yaitu usahanya untuk membuat peta yang terkenal dengan atlas ptolemaeus.

In the beggining of 2nd century, a figure in Geography named Claudius Ptolemaeus emerged, he difined geography as an explanation of some or all of earth’s surface through the map. The most valuable contribution from him was his effort to make a map known as Ptolemaeus’s map.


Dalam perkembangan selanjutnya muncul dua pandangan dalam geografi, yaitu fisis determinis( Ratzel, Huntington, Karl Richter) dan posibilis( Paul Vidal de La Blanche)

In the next stage, two points of view in Geography developed, they are Fisis determinis ( Ratzel, Huntington, Karl Richter) and posibilis ( Paul Vidal de La Blanche).


Pengertian Geografi The definition of Geography

JAMES
Geografi adalah ilmu yang melihat keteraturan gejala- gejala alam sehingga memberikan karakteristik suatu tempat. Selanjutnya ia menyatakan bahwa geografi menyangkut kegiatan yang berhubungan dengan usaha untuk melihat persamaan dan perbedaan suatu tempat dengan tempat lain.

Geography is a science that sess regularity of natural phenomena so it gives characteristics of a place. Than he states that geography corresponds to activity that is related to efforts to see similarities and differences of one place to another place.


BARLOW

Geografi adalah ilmu yang mempelajari proses- proses yang berhubungan dengan lingkungan dan gejala- gejala serta pola- pola terkait yang dibahas.

Geography is science that studies about procecces that related to environment and phenomena, also related patterns that are discussed.


BINTARTO

Geografi adalah ilmu pengetahuan yang menceritakan dan menerangkan sifat bumi, menganalisis gejala alam dan penduduk; mempelajari corak yang khas dalam kehidupan dan berusaha mencari fungsi unsur- unsur bumi dalam ruang dan waktu.

Geography is science that tells and explains about earth’s surface, analyzes natural and demographical phenomena; learns specifics characteristic in life and tries to find the function of earth’s elements in space and time.


Hasil Seminar Lokakarya Semarang ( 1988).

Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan geosfer dan interakasi antara manusia dalam lingkungannya dengan sudut pandang kelingkungan dalam konteks keruangan dan kewilayahan.

Geography is science that studies geospheric similarities and differences and the interaction between humans an their environment point of view in spatial and regional contexts.

Tidak ada komentar: