Minggu, 10 Januari 2010

PANDUAN GURU GEOGRAFI

PANDUAN GURU
GEOGRAFI
Oleh : Tim IPS BPG
2
PROGRAM TOT FASILITATOR MGMP GEOGRAFI
A. Rasional
Program Peningkatan Mutu Pendidikan di Jawa Barat merupakan upaya dalam
rangka membentuk insan yang mampu bersaing dalam percaturan dunia yang semakin
global; mampu berinovasi guna mengantisipasi dan mencari solusi dari setiap
permasalahan yang ditemukan dalam setiap aspek kehidupan. Upaya ini
diimplementasikan melalui penyelenggaraan pendidikan secara efisien dan efektif guna
meningkatkan proses dan hasil pendidikan; termasuk di dalamnya peningkatan
kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
Berdasarkan temuan di lapangan, ternyata guru yang belum memiliki kompetensi
seperti ditetapkan di dalam Permen 16 tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi
Pendidik jumlahnya relatif besar. Salah faktor penyebabnya adalah kurangnya
kesempatan untuk mengikuti diklat-diklat peningkatan kompetensi yang
diselenggarakan Dinas Pendidikan dan/atau Instansi lain yang berkompeten.
Peningkatan kompetensi guru Mata Pelajaran Geografi melalui program Training
of Trainer (TOT) Fasilitator MGMP merupakan salah satu kegiatan yang diharapkan
mampu memberikan solusi dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi tenaga
pendidikan berkaitan dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya.
Melalui program multi level, yang diawali dengan Need Asesment Training yang
kemudian dikembangkan menjadi TOT Fasilitator MGMP Geografi dan diimplentasikan
dalam kegiatan MGMP di masing-masing kabupaten/kota, diasumsikan dapat
menjangkau tenaga pendidikan dalam jumlah relatif besar yang tersebar di peloksok
Provinsi Jawa Barat..
B. Dasar Hukum
1. Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional.
2. Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan.
4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi.
5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar
Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2006 tentang pelaksanaan
Permen No. 22 dan 23.
7. .Permen Diknas Nomor 16 tahun 2007 tentang standar Pendidik
3
C. Tujuan:
Meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional fasilitator MGMP Geografi di
lingkungan Provinsi Jawa Barat
D. Kompetensi
1. Standar Kompetensi
Memiliki kemampuan untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses
pembelajaran Geografi berdasarkan standar nasional serta melaksanakan kegiatan
MGMP sesuai program yang dikembangkan.
2. Kompetensi Dasar
a. Memahami kebijakan Dinas Pendidikan provinsi Jawa Barat dalam
meningkatkan mutu pendidikan
b. Menganalisis Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar) untuk
merancang pembelajaran GEOGRAFI
c. Mengimplementasikan model pembelajaran GEOGRAFI sesuai dengan
kompetensi yang akan dicapai
d. Memahami prinsip-prinsip asesmen untuk melatih berpikir tingkat tinggi
(HOT assessment)
e. Mengidentifikasi permasalahan konsep GEOGRAFI
f. Mengembangkan silabus dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
g. Menyusun action plan untuk kegiatan MGMP GEOGRAFI di Kota/ Kabupaten
E. Sasaran
Fasilitator MGMP Geografi SMA dari seluruh Kota/ Kabupaten Provinsi Jawa Barat
F. Output
Fasilitator Geografi SMA yang memiliki kompetensi dalam pengembangan dan
pelaksanaan kegiatan di MGMP GEOGRAFI
G. Manfaat
1. Mempercepat peningkatan kualitas pendidikan GEOGRAFI di seluruh
Kota/Kabupaten
2. Meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional fasilitator atau guru
GEOGRAFI
4
3. Meningkatkan kemampuan guru GEOGRAFI dalam pengembangan dan
pelaksanaan kegiatan di MGMP Kota/Kabupaten
H. Pelaksanaan
1. Waktu ( disesuaikan dengan kondisi setempat )
2. Tempat ( disesuaikan dengan kondisi setempat)
I. Dana
Dana yang dialokasikan untuk penyelenggaraan TOT Fasilitator MGMP bersumber dari
APBD Provinsi Jawa Barat, APBD Kab/Kota, dan sumber lain yang tidak mengikat
J. Strategi Diklat
1. Alur Kegiatan Diklat
Action Plan
Penutupan
Kelas Geografi
- Analisis SI/SKL
- Model dan asesmen
pembelajaran
GEOGRAFI
- Pemecahan masalah
materi Geografi
- Penyusunan Silabus dan
• Pembukaan
• Orientasi TOT
Pleno : Kebijakan
5
2. Pendekatan dan Metode
a. Pendekatan : Andragogi
b. Metode : Tanya jawab , Diskusi, Praktek, dan Presentasi
K. Evaluasi
Evaluasi Proses dan Produk
L. Struktur Program Diklat
No. Program Materi Diklat
Alokasi Waktu
Ket
Teori Praktik
I. Umum 1. Kebijakan 2 -
II. Pokok
2. Analisis SI (SK/KD) 1 3
3. Model Pembelajaran 1 3
4. Asesmen Pembelajaran 2 2
5. Permasalahan Substansi
Materi Geografi - 4
6. Perangkat Pembelajaran 2 6
III. Penunjang 7. Action Plan 1 3
Jumlah
9 21
30
6
M. Silabus Program
1. Program Umum
Kebijakan Dinas Pendidikan Prov, Jawa Barat
Kompetensi Dasar
Memahami kebijakan Dinas Pendidikan provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan mutu pendidikan
No Indikator Materi Kegiatan Pembelajaran Metode Evaluasi Alat/ Bahan Alokasi
Waktu
1 MendeskrGeografiikan
kebijakan dinas Prov
Jabar tentang MGMP
Kebijakan
Dinas
Provinsi
Jawa- Barat
􀂃 Menerima informasi tentang
kebijakan Dinas Provinsi
Jawa-Barat dalam
pengembangan MGMP
􀂃 Tanya jawab tentang
pelaksanakan MGMP
Ceramah
Tanya jawab
LCD
Komputer
2 JP
2. Program Pokok
Kompetensi Dasar :
a. Menganalisis SI/SKL untuk merancang pembelajaran GEOGRAFI
b. Mengimplementasikan model pembelajaran GEOGRAFI sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
c. Memahami prinsip-prinsip asesmen untuk melatih berpikir tingkat tinggi ( HOT assessment)
d. Mengidentifikasi permasalahan materi GEOGRAFI dan pemecahannya
e. Mengembangkan silabus dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
7
No Indikator Materi Kegiatan Pembelajaran Metode Evaluasi Alat/
Bahan
Alokasi
Waktu
2 􀂃 Menganalisis SI/SKL
untuk menentukan
arah pembelajaran
Geografi
􀂃 Mengidentifikasi
kesesuaian antara
konsep dengan
pembelajaran yang
akan dikembangkan
Analisis
SI/SKL
􀂃 Brainstorming tentang pemahaman
SI/SKL
􀂃 Mengkaji SI (SK/KD) Geografi dan
SKL untuk mengidentifikasi konsepkonsep
esensial dan keterampilan
proses yang dapat dikembangkan
melalui konsep-konsep tersebut
􀂃 Presentasi hasil kerja kelompok
􀂃 Diskusi
􀂃 Kerja
Kelomp
ok
Produk LCD
Komputer
4 JP
3 􀂃 MendeskrGeografiik
an pengertian
model, strategi,
pendekatan dan
metode
pembelajaran
Model
Pembelajaran
􀂃 Brainstorming tentang pemahaman
model, strategi, pendekatan dan
metode
􀂃 Menyamakan persepsi tentang
model, strategi, pendekatan dan
metode dalam pembelajaran
GEOGRAFI
􀂃 Menentukan model, strategi,
pendekatan dan metode yang tepat
untuk satu konsep GEOGRAFI yang
terpilih
􀂃 Presentasi hasil kerja kelompok
􀂃 Diskusi
􀂃 Kerja
Kelomp
ok
Produk LCD
Komputer
4 JP
4. 􀂃 MendeskrGeografiik
an sistem penilaian
pembelajaran
Asesmen 􀂃 Pelaksanaan penilaian
􀂃 Membuat/menyusun instrumen
penilaian
􀂃 Diskusi
􀂃 Kerja
Kelomp
ok
Produk LCD
Komputer
4 JP
8
5. Menganalisis substansi
materi yang sulit
difahami siswa
Permasalaha
n Substansi
Materi Geo
􀂃 Mengkaji SI (SK/KD Geografi) dan
SKL
􀂃 Memilih/menentukan materi yang
dianggap sulit difahami siswa
􀂃 Mencaritemukan alternatif
pembelajaran yang efisien dan efektif
􀂃 Diskusi
􀂃 Kerja
Kelomp
ok
Produk LCD
Komputer
4 JP
6. Menyusun perangkat
pembelajaran
Perangkat
Pembelajaran
􀂃 Membuat/menyusun RPP
􀂃 Membuat/menyusun Modul
pembelajaran
􀂃 Diskusi
􀂃 Kerja
Kelomp
ok
Produk LCD
Komputer
8 JP
3. Program Penunjang
Kompetensi Dasar : Menyusun action plan untuk kegiatan MGMP GEOGRAFI Kota/ Kabupaten
No Indikator Materi Kegiatan Pembelajaran Metode Evaluasi Alat/
Bahan
Alokasi
Waktu
7. 􀂃 Menyusun program
kegiatan MGMP
Ekonomi, Sosiologi,
Geografi
Kabupaten/Kota
Struktur
Program
Diklat
􀂃 Mengidentifikasi materi yang
diperlukan dalam kegiatan diklat
sesuai dengan kondisi lapangan
􀂃 Menyusun/membuat Program
Diklat MGMP Kabupaten/KOta
􀂃 Menyusun/membuat Silabus Diklat
MGMP Kabupaten kota

Tidak ada komentar: